Tips Agar Cucakrawa Cepat Berkicau

Last Updated on Wednesday, 20 June 2012 Published Date Written by masbun

 

 

Salah satu hal yang menjengkelkan bagi pencinta burung adalah burung cucakrawa tidak mau berkicau. Agar cucakrawa cepat berkicau, diperlukan perawatan yang ekstra. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan agar cucakrawa Anda cepat berkicau, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan burung dalam keadaan sehat. Hal itu dapat dilihat dari tingkah laku dan kotorannya. Cucakrawa yang sehat berperilaku agak liar dan tidak malas. Sedangkan kotoran burung yang sehat yaitu tidak encer atau mencret dan berwarna sesuai makanannya.
  • Jemurlah burung pada pukul 07.00-09.00 pagi setiap hari supaya tidak kutuan dan bisa bergerak lincah. Sediakanlah air yang cukup untuk mandi atau mandikanlah ia terlebih dulu sebelum dijemur.
  • Berikanlah yang sehat dan masih segar, baik kroto ataupun jangkrik. Berikanlah empat ekor jangkrik pada pagi hari dan empat ekor lagi pada sore hari. Tujuannya untuk menghangatkan badan. Ingat, pemberian makanan ekstra yang berlebihan hanya akan membuat burung menjadi berahi dan bulunya menjadi kusam.
  • Carikanlah pasangan lawan jenis kelamin untuk memancing burung agar berkicau (saling bersahutan), tetapi jangan yang sudah jadi (umur di atas tiga tahun) karena secara mental burung Anda pasti kalah dan justru enggan berkicau.
  • Tambahkan mineral pada air minum dan gantilah air itu setiap hari.
  • Letakkanlah sangkar pada pohon yang rimbun. Dengan demikian menciptakan suasana sesuai habitat aslinya, sehingga cucakrawa terpancing kicauannya.

 

 

 

JALAK PUTIH/PITO

Sukses Menangkar Jalak Putih/Pito

JALAK MANDARIN/HONGKONG

Sukses Menangkar Jalak Mandarin

Copyright 2011. Joomla 1.7 templates.