Genjot produksi jalak suren, Jalak Bali dan jalak putih

Last Updated on Saturday, 16 May 2015 Published Date Written by masbun

Genjot produksi jalak suren dan jalak putih

"Indukan jalak suren dan jalak putih 40 hari produk 2 kali" itu sudah biasa. "Indukan jalak suren dan jalak putih 40 hari produk 4 kali" ini baru luar biasa.

Inilah yang terjadi di kandang penangkaran jalak suren dan jalak putih masbun anfbirdfarm. Mau tau rahasianya..? simak baik-baik.

Pada umumnya, penangkar jalak suren klaten panen telur jalak suren dan jalak putih pada pengeraman induk hari ke 13 setelah telur pertama keluar dari induknya(masbun istilahkan sebagai masa inkubasi/mengeram), lalu di masukkan dalam inkubator/mesin tetas pada suhu 37 derajad celcius. Karena masa inkubasi telur jalak suren dan jalak putih adalah 14 hari, maka sehari setelah panen, telur tersebut akan menetas. Piyik yang baru menetas, akan di rawat oleh penangkar. mau lihat video dan cara merawat piyik jalak suren dan jalak putih baru menetas sampai makan sendiri, silakan kunjungi situs kami di www.anfbirdfarm.com

lo...kok malah nglantur sampai iklan website.. kembali ke topik lagi yukk

umumnya, 7-8 hari setelah telur di panen dari induknya, burung akan bertelur kembali (masbun istilahkan sebagai masa kawin)
Jadi siklus produksi jalak suren dan jalak putih pada umumnya adalah 20 hari sekali (masa kawin 7 hari + masa inkubasi/pengeraman 13 hari)
jadi ya benar kan 40 hari produk 2 kali.

Kalau 40 hari produk 4 kali ini rahasianya..

Di kandang Penangkaran masbun anfbirdfarm,indukan jalak putih dan jalak suren di bagi ke dalam 2 golongan, yaitu sebagai indukan babu dan indukan petelur.
1. indukan babu bertugas mengeram telurnya sendiri dan juga mengeram telur burung lainnya ( dari pengalaman masbun anfbirdfarm, satu induk burung mampu mengeram telur 6 butir dengan daya tetas normal)
2. indukan petelur hanya bertugas bertelur saja tanpa mengerami telurnya. setelah telur terakhir keluar dari induknya(umumnya 3 telur), lalu telur tersebut di pindah ke induk babu. tujuh hari setelah telur di panen indukan akan bertelur kembali... inilah yang masbun maksud "40 hari produk 4 kali" yaitu 7 hari masa kawin dan 3 hari masa bertelur.
Berarti siklus produksi induk petelur adalah 10 hari (7 hari masa kawin+3 hari masa bertelur). jadi ya 40 hari produk 4 kali.. Luar biasa kan experimen dari ANF Bird Farm.

Copyright 2011. Joomla 1.7 templates.