Articles

1 Tips Mengatasi Kuku dan Paruh Yang Panjang Pada Burung Jalak

Last Updated on Tuesday, 23 June 2015 Published Date Written by masbun

 

 

Mengawali louncing perdana “ANF Bird Pos Online” ini saya akan menulis artikel tentang permasalahan paruh dan kuku burung jalak panjang...??? apa penyebabnya,, bagaimana solusinya dan bagaimana pula untuk pencegahannya......

Banyak posting di beberap grup perjalakan yang mengeluhkan paruh dan kuku burung jalak yang tumbuh terlalu panjang sehingga mengurangi keindahan dan kegagahan dari burung itu sendiri. Paruh yang terlalu panjang dapat beresiko melukai dirinya sendiri dan kuku yang terlalu panjang dapat beresiko kuku terselip diantara jeruji di sangkar dan dapat membahayakan keselamatan burung tersebut.

Pada prinsipnya, kuku dan paruh burung jalak akan terus tumbuh sepanjang hidupnya. Di alam liar atau di kandang penangkaran kuku dan paruh burung burung tidak terlalu panjang dikarenakan burung tersebut sering mengorek-ngorek tanah dengan kaki dan paruhnya untuk mencari makan dan sering menggoreskan paruh dan kukunya ke bahan yang keras dan kasar (sepeti batu dan kayu) dengan tujuan untuk mengikis/memotong paruh dan kukunya agar tidak terus tumbuh panjang. Sementara, burung yang ada di sangkar, kaki dan paruhnya akan terus tumbuh dikarenakan burung tidak bisa mengikis/memotong karena tidak ada media untuk mengikis kuku dan paruhnya.

Jika paruh dan kuku burung anda sudah terlanjur panjang. Berikut saya berikan tips untuk memotongnya.

Siapkan pemotong kuku untuk manusia. Carilah lokasi yang tertutup untuk pengerjaan memotong dengan pertimbangan jika burung terlepas tidak bisa terbang jauh. Pegang burung dengan posisi jari telunjuk dan jari tengah menjepit kepala burung, cek dengan lebih jeli kondisi kuku dan paruhnya dan perhatikan perbedaan warna antara kuku atau paruh yang masih hidup/dilalui jaringan darah dan yang mati. Jika ingin lebih jelas lagi untuk membedakan paruh yang hidup/dilalui jaringan darah dan yang sudah mati dapat dengan cara diterawang menggunakan senter layaknya menewang telur tetas. Setelah menemukan titik yang paling ujung yang tidak dilalui jaringan darah,, barulah anda bisa memotong kuku dan paruh tersebut. Setelah proses pemotongan kuku dan paruh, anda tinggal merapikan potongan tersebut dengan ampelas degan perlahan.

Jika ada kesalahan letak pemotongan kuku dan paruh sehingga menyebabkan pendarahan, maka anda bisa mengoleskan kuku atau paruh yang berdarah tersebut dengan larutan iodium atau antiseptik yang beredar di pasaran.

Dengan kondisi demikan, kita harus berkala untuk memotong paruh dan kuku burung jalak suren kita....... sehingga akan muncul pertanyaan... apa burung tidak stres, apa burung tidak macet bunyi, jika berkala kita pegang untuk memotong kuku dan paruhnya,,?? Dan pada akhirnya akan timbul pertanyaan bagaimana solusi agar agar kuku dan paruh burung tidak tumbuh panjang tanpa kita memotongnya secara berkala... berikut tipsnya.

Burung jalak relatif  cepat pertumbuhan kuku dan paruhnya, maka secara berkala kita harus memotongnya. Namun untuk mengurangi beban pekerjaan kita dan mengurangi resiko burung stres dan macet bunyi sewaktu proses pemotongan paruh dan kuku, maka kita harus pasang tenggeran beramplas yang dapat diperoleh di toko burung terdekat. Tujan diberikan tenggeran berhampelas tersebut agar burung bisa merapikan paruh dan kukunya sendiri.

Klik disini untuk melihat daftar lengkap "ANF Bird Pos Online"

Copyright 2011. Joomla 1.7 templates.