Profile ANF Bird Farm

Last Updated on Tuesday, 12 May 2015 Published Date Written by masbun

Profile ANF Bird Farm

 

Di negara-negara berkembang, seperti halnya Indonesia, kemajuan teknologi semakin dapat dirasakan manfaatnya dan menunjukkan dampak positif di segala bidang. Termasuk di dalamnya masalah kelestarian  dan keseimbangan lingkungan yang tak luput dari usaha dan upaya agar tetap dapat dipertahankan. Untuk menuju ke arah itu, kepedulian dan keikutsertaan masyarakat merupakan modal utama yang tak ternilai harganya, dan mampu mendukung kebijaksanaan pemerintah melalui peraturan dan berbagai aturan yang ada.

Sebagai warga masyarakat, Masbun ingin turut membantu program pemerintah serta turut menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan dengan menyumbang sedikit pengetahuan, pengalaman, dan keberhasilan yang telah masbun capai dalam bidang penangkaran burung jalak suren, Jalak Putih dan jalak bali. Artikel-artikel di dalam situs “www.anfbirdfarm.com” ini sengaja masbun batasi hanya dalam hal penangkaran burung jalak suren, jalak putih dan jalak bali.

 

Berikut Ini foto-foto kandang Penangkaran ANF Bird Farm

 

Klik disini untuk melihat foto kandang penangkaran ANF Bird Farm

 

ANF Bird Farm adalah spesialist penangkaran burung spesies jalak (jalak suren, jalak putih dan jalak bali) yang masbun kelola sampai saat ini. ANF Bird Farm beralamat di : RT 01 RW 11 Jiwan, Jimbung, Kalikotes, Klaten, Jawa Tengah. ANF Bird farm pertama kali didirikan pada tanggal 24 agustus 2009 oleh Mas Hananto selaku kakak kandung Masbun. Pada tahap ini Mas Hananto membuat 18 kandang penangkaran jalak suren. Karena keberhasilan Masbun dalam mengelola 18 pasang jalak suren dan prospek harga jalak kedepan masih bagus, tahap demi tahap Mas Hananto membuat beberapa kandang penangkaran. Sampai artikel ini dibuat (tanggal 15 Februari 2012),Mas Hananto telah berhasil membuat kandang penangkaran sampai 6 tahap pembangunan kandang.

 Berikut tahap-tahap pembangunan kandang penangkaran ANF Bird Farm

 

Pembangunan Tahap 1

Pada Awal Agustus 2009 berhasil membuat 18 kandang penangkaran jalak suren. Selang tidak sampai 2 bulan setelah pembuatan kandang tahap 1 selesai dibuat, Mas Hananto berhasil mengisi penuh 18 kandang penangkaran ini dengan calon indukan jalak suren yang diperoleh dari kerabat dekat dan beberapa teman AJS Klaten (AJS Klaten merupakan Asosiasi Jalak Uren Sukses Klaten yang beranggotakan para penangkar jalak suren di wilayah Klaten. Sampai tulisan ini dibuat (15 Februari 2012) AJS Klaten beranggotakan 100 penangkar jalak suren).

Pembangunan Tahap 2

Karena keberhasilan  masbun dalam mengelola ke 18 indukan jalak suren, maka Mas Hananto berencana memperbanyak kandang penangkaran jalak surennya. Rencana ingin menambah kandang jalak suren tersebut baru tercapai pada akhir Juli 2010 dan berhasil menyelesaikan 23 kandang penangkaran jalak suren. Dari 23 kandang penangkaran ini sebagian diisi dengan calon indukan jalak suren hasil tangkaran ANF Bird Farm dan sebagian dari membeli calon indukan jalak suren dari penangkar lain.

 

Pembangunan Tahap 3

Pada pembangunan tahap 3 dimulai pada akhir November 2010. Dalam pembangunan tahap ketiga ini Mas Hananto membuat 8 kandang penangkaran cucakrowo, 5 kandang berada di lantai dua dan 3 kandang berada di samping kandang jalak suren yang selesai dibuat pada tahap kedua.

 

Pembangunan Tahap 4

Selang tidak lama setelah selesai membuat kandang cucakrowo, sekitar pertengahan Desember 2010, Mas Hananto membangun kandang penangkaran jalak suren dan jalak putih tahap keempat. Pada pembangunan kandang penangkaran tahap keempat ini berhasil membuat 18 kandang penangkaran jalak suren dan jalak putih dan 6 kandang jalak suren dan jalak putih massal kecil (1 kandang diisi lebih dari 10 ekor trotol jalak suren dan jalak putih). Dari 18 kandang penangkaran jalak suren dan jalak putih ini diisi dengan jalak suren dan jalak putih hasil tangkaran ANF Bird Farm dan hasil barter piyik jalak suren ANF Bird Farm ditukar dengan  calon indukan jalak suren umur 1-1.5 tahun dan piyik jalak putih dari penangkar lain. Dan 6 kandang jalak suren dan jalak putih massal kecil diisi dari hasil tangkaran ANF Bird Farm.

Pembangunan Tahap 5

Pada pembangunan kandang tahap kelima ini sekitar awal bulan Februari 2011,Mas Hananto berhasil menyelesaikan 12 kandang penangkaran murai batu dan 8 kandang penangkaran jalak suren dan jalak putih. Calon indukan murai batu dibeli dari teman sesama penangkar dan sebagian didapat dari hasil barter piyik jalak suren ANF Bird Farm ditukar dengan calon indukan murai batu dari teman penangkar murai batu di daerah klaten.

Pembangunan tahap 6

Pada pembangunan tahap ke 6 ini sekitar pertengahan mei 2011 berhasil membuat 4 kandang massal besar (dalam 1 kandang diisi 30-50 ekor trotolan jalak suren dan jalak putih). Dari keempat kandang massal besar ini diisi burung jalak suren hasil tangkaran ANF Bird Farm. Tujuan dibuat kandang massal ini adalah untuk melayani pemesanan burung jalak suren partai besar maupun kecil dari pengunjung website ini.

 

Sampai artikel ini dibuat(15 Februari 2012) ANF Bird telah memiliki 66 kandang penangkaran jalak suren dan jalak putih, 12 kandang penangkaran murai batu, dan 8 kandang penangkaran cucakrowo, 6 kandang massal kecil( per kandang diisi 10-15 ekor jalak suren makan basah sampai malik bulu) dan 4 kandang massal besar(per kandang diisi 30-50 ekor jalak suren makan basah sampai calon indukan)

 

Berikut ini sedikit tambahan dari Masbun tahap-tahap pembangunan kandang ANF Bird Farm sampai sekarang ( 14 april 2013)

Pembangunan tahap 7


Akhir tahun 2012 kemarin, ANF Bird Farm membuat 12 kandang penangkaran jalak suren dan jalak putih.

 

Pembangunan tahap 8

 

Tanggal 4 april 2013 yang lalu, Masbun mencoba membuat kandang penangkaran jalak suren sistem koloni. Kandang penangkaran jalak suren sistem koloni tersebut berukuran 3mx3mx2,5m. Di kandang tersebut diisi dengan 54 tempat sarang yang dibuat dari papan kayu.

Untuk tahap uji coba, masbun mengisi kandang penangkaran jalak suren sistem koloni tersebut dengan burung jalak suren sebanyak 25 pasang umur sekitar 7-8 bulan. Karena ini hanya sebatas uji coba metode baru penangkaran burung jalak suren, Masbun mohon doa'nya kepada pembaca sekalian untuk keberhasilan sistem penangkaran jalak suren yang baru ini. Terimakasih

 

 

 

 

 

 

Copyright 2011. Joomla 1.7 templates.